Daftar Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Tubuh

Daftar Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Tubuh – Seperti yang banyak kita ketahui bahwa makanan yang banyak lemak tentunya tidak baik juga untuk kesehatan di dalam diri kita, namun beda hal nya dengan beberapa makanan tinggi lemak ini yang justru baik untuk tubuh,

Lemak telah lama mendapat reputasi buruk di tengah masyarakat. Bagaimana tidak, zat gizi satu ini diduga menjadi tokoh utama dalam memicu kenaikan berat badan serta perkembangan berbagai penyakit mematikan, seperti penyakit jantung dan stroke.

Faktanya, lemak merupakan salah satu zat gizi yang kebutuhannya harus dipenuhi. Bahkan beberapa jenis lemak menawarkan berbagai manfaat, salah satunya menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Namun tak bisa dimungkiri, beberapa jenis lemak memang harus dibatasi asupannya.

Daftar Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Tubuh

Lantas, apa saja makanan yang harus dikonsumsi untuk memperoleh lemak yang baik bagi tubuh? Cari tahu jawabannya bersama-sama, yuk!

1. Alpukat
Di saat buah-buahan mengandung tinggi karbohidrat sederhana, seperti fruktosa, alpukat justru menjadi sumber food news lemak yang melimpah. Kandungannya bahkan mencapai 80 persen dari total energi. Jenis lemak yang banyak terkandung dalam alpukat ialah lemak jenuh rantai pendek atau monounsaturated fat (MUFA), lalu diikuti dengan sedikit kadar lemak jenuh, dan lemak tidak jenuh rantai panjang atau polyunsaturated fat.

Salah satu fungsi MUFA dalam tubuh ialah menurunkan kadar low density lipoprotein (LDL) yang sering disebut sebagai kolesterol jahat. Di samping itu, MUFA juga dapat mempertahankan kadar high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Dengan kata lain, jenis lemak satu ini berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung pada individu.

2. Telur
Menjadi salah satu bahan makanan yang wajib tersedia di dapur, telur ternyata menawarkan banyak manfaat kesehatan berkat kandungan lemak di dalamnya. Walau kuning telur mengandung cukup tinggi kolesterol, namun sebuah studi yang terbit dalam jurnal Nutrients pada 2021 melaporkan bahwa kolesterol di dalamnya tak menyebabkan kenaikan kolesterol darah sehingga baik untuk dikonsumsi.

Selain itu, telur juga merupakan sumber protein dan kolin yang baik. Telur bahkan sangat direkomendasikan bagi orang yang ingin menurunkan berat badan sebab mampu memberikan rasa kenyang yang tahan lama.

3. Kacang-kacangan
Banyak dihindari karena diduga menjadi pemicu jerawat, kacang-kacangan justru mengandung lemak tidak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Sama seperti alpukat, nyaris 80 persen energi pada kacang-kacangan berasal dari kandungan lemak di dalamnya.

Salah satu jenis lemak tidak jenuh yang terdapat pada kacang-kacangan ialah omega-3. Omega-3 dapat menurunkan kolesterol jahat pada dinding pembuluh darah sehingga aliran darah berjalan lancar. Risiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung pun berpotensi menurun jika dikonsumsi secara rutin.